Tuesday, October 21, 2008

Kestabilan Lereng dan Pengendalian Erosi

Hingga saat ini kegiatan pembukaan lahan oleh PT. DPM hanya berupa pembukaan badan jalan akses tambang sepanjang 3.5 km dan pada beberapa lokasi pengeboran.




Untuk menstabilkan lerengan dan mencegah erosi serta meningkatkan kualitas tanah telah dilakukan revegetasi dengan tanaman-tanaman penutup dari jenis Centrosema pubescens, Calopoginium mucunoides, Mucuna cochinchinensis, Pueraria javanica dan tanaman peneduh dari spesies Calliandra di sepanjang lerengan jalan akses tambang PT. DPM.


Revegetasi lerengan

Untuk mendukung perencanaan revegetasi, PT. DPM telah membangun tempat pembibitan (nursery) untuk membibitkan berbagai jenis tanaman peneduh dan tanaman inti. Kegiatan pembibitan tanaman inti dari jenis-jenis tanaman lokal seperti durian, petai, melinjo dsb. telah mulai dilakukan. Tanaman-tanaman ini akan ditanam di sepanjang jalan akses tambang.

Pada bekas lokasi pengeboran, PT. DPM telah melakukan rehabilitasi dengan tanaman meranti (Dipterocarpaceae) yang bibitnya didapatkan dari hutan-hutan sekitar lokasi. Pertumbuhan tanaman-tanaman ini terus dipantau dari waktu ke waktu.




pembibitan Calliandra sp.

No comments: